Siap berkarya, siap mengabdi untuk masyarakat

Pelatihan Membuat Kerajinan dari Limbah Jagung

“ Pembuatan Kotak Tisu, Boneka, dan Bunga dari Bahan Dasar kulit Jagung Kering”

Minggu, 30 Juli 2018 sebanyak 16 orang Mahasiswa KKN 23 Universitas Trunojoyo Madura melakukan kegiatan Pembuatan Produk Makanan Berbahan Dasar Jagung yang bertempat di Balai Desa Batu Belah Barat, Kecamatan Dasuk Kabupaten Sumenep.



Balai Desa Batubelah Barat  Pelatihan membuat kerajinan dari limbah jagung merupakan  salah satu program KKN  Kelompok 23. Program tersebut sangat membantu para warga masyarakat untuk mengurangi limbah jagung yang melimpah saat musim panen jagung namun dibiarkan begitu saja.  Dalam kegiatan ini didominasi oleh ibu-ibu serta adik-adik yang menghadirinya. Kegiatan ini warga diberikan pengetahuan membuat kreatifitas dari kulit jagung melalui praktek pembuatan secara langsung. Sebelumnya bahan serta alat-alat sudah dipersiapkan terlebih dahulu.

Pembuatan kerajinan dari kulit jagung dimulai pada pukul 11.30 WIB, Kami memiliki kendala dalam mengumpulkan ibu-ibu karena saat pukul 05.00-09.30 ibu-ibu masih bekerja diladangnya. Salah satu produk kerajinan yang Kami buat adalah kotak tisu, boneka dan bunga dari kulit jagung. Kotak tisu terbuat dari bekas kardus yang dibentuk menjadi persegi panjang mirip seperti kotak tisu pada umumnya lalu dilapisi dengan kuilit jagung dan dibentuk seindah mungkin dengan beberapa hiasan bunga. Boneka terbuat dari botol bekas yang tidak terpakai yang Kami bentuk menjadi mirip boneka dengan memanfaatkan kulit jagung sebagai gaun, rambut, dan beberapa ornamen lainnya yang dapat memperindah boneka tersebut. Bunga terbuat dari kulit jagung yang dibentuk dengan membuat beberapa kelopak bunga dari kulit jagung lalu disusun menjadi beberapa bunga yang cantik.


Ibu-ibu sangat antusias untuk mempelajarinya, salah satu dari guru TK meminta Kami untuk membuat pembelajaran yang edukatif untuk murid-muirdnya, jadi target dalam pembuatan kerajinan dari kulit jagung bukan hanya untuk ibu-ibu tetapi juga untuk anak-anak.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support