Siap berkarya, siap mengabdi untuk masyarakat

Sosialisasi Biogas dan Hemat Listrik

Sosialisasi Biogas dan Hemat Listrik


Minggu, 22 Juli 2018 sebanyak 16 orang mahasiswa KKN Universitas Trunojoyo Madura melakukan kegiatan sosialisasi biogas dan hemat listrik yang bertempat di balai desa Batubelah Barat, Kecamatan Dasuk, Kabupaten Sumenep.

Desa Batubelah Barat - Kegiatan sosialisasi biogas dan hemat listrik adalah salah satu program kerja milik KKN 23. Dalam kegiatan ini warga diberi pengetahuan tentang pengertian, cara pembuatan dan fungsi biogas. Biogas adalah suatu gas yang dihasilkan dari proses anaerobik (fermentasi) bahan bahan organik seperti kotoran manusia, limbah rumah tangga dan juga kotoran hewan. Bahan yang sangat dibutuhkan dalam membuat biogas yaitu metana dan karbon dioksida yang terkandung di dalam bahan organik.

Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan penggunaan biogas ini, antara lain lingkungan menjadi lebih bersih dan indah, menghemat biaya operasional rumah tangga, menurunkan emisi gas rumah kaca dan masih banyak lagi manfaat-manfaat lainnya.

Oleh karena itu kegiatan sosialisasi mengenai biogas ini sangatlah penting bagi masyarakat Batubelah Barat dikarenakan banyak warga di desa ini yang memelihara ternak sapi sehingga kotorannya dapat dijadikan bahan pembuatan biogas

Selain itu warga juga diberikan pengarahan terkait cara menghemat listrik. Masih banyak warga yang belum sadar betapa pentingnya menghemat energi listrik dan tugas kelompok KKN 23 disini ialah membangkitkan kesadaran masyarakat agar dapat lebih bijaksana dalam menggunakan energi listrik dengan sosialisasi hemat listrik.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support