Siap berkarya, siap mengabdi untuk masyarakat

Pelatihan Pembuatan Produk Makanan Berbahan Dasar Jagung

“ TORTILA JAGUNG BABEBAR DAN FLA JAGUNG KHAS BATU BELAH BARAT”



Minggu, 30 Juli 2018 sebanyak 16 orang Mahasiswa KKN 23 Universitas Trunojoyo Madura melakukan kegiatan Pembuatan Produk Makanan Berbahan Dasar Jagung yang bertempat di Balai Desa Batu Belah Barat, Kecamatan Dasuk Kabupaten Sumenep.




Balai Desa Batubelah Barat Pelatihan Pembuatan produk dari bahan dasar jagung merupakan  salah satu program KKN  Kelompok 23. Kegiatan tersebut merupakan program  kerja yang pastinya seru dan cocok bagi ibu-ibu DiDesa Batu Belah Barat yaitu acara masak pembuatan tortila jagung dan fla jagung asli Desa Batu Belah Barat. Dalam  kegiatan ini warga terutama ibu-ibu diberi pengetahuan  mengenai cara membuat Tortila dan Fla yang berbahan dasar Jagung  melalui praktek  secara langsung didepan  para warga masyarakat Desa Batu Belah Barat.

Tortila adalah produk makanan yang berbahan dasar jagung kering berbentuk keripik yang renyah dan gurih, dengan berbagai varian  rasa seperti barbeqiu, jagung bakar, pedas manis, dan masih banyak lainnya. Sedangkan Fla adalah produk makanan yang berbahan dasar jagung kering yang dimasak dengan berbagai macam jenis bahan makanan seperti tepung, telur, susu, maizena yang dihias dengan sprinkle diatas cup.

Tepatnya pada pukul 09.30 WIB para warga dan pemuda sudah mulai berdatangan. Warga yang teridri dari ibu-ibu, guru TK dan pemuda Desa Batu Belah Barat. Warga antusias terhadap pelatihan pembuatan produk yang terbuat dari jagung, bahkan para ibu-ibu turut membantu Kami untuk memasak. Output dari kegiatan ini diharapkan bahwa masyarakat terutama ibu-ibu memanfaatkan hasil panen yang melimpah di Desa Batu Belah Barat  yaitu jagung. Para petani jagung Desa Batu Belah Barat menjual jagungnya  dalam bentuk bahan mentah sehingga harganya lebih murah, oleh karena itu, adanya kegiatan pembuatan produk jagung dapat menambah kreativitas masyarakat terutama ibu-ibu untuk menjual jagungnya dengan kreasi baru dan memiliki harga jual yang lebih tinggi. 

Selain itu didalam kegiatan ini kami menambahkan pengetahuan mengenai cara packaging dan branding yang bagus untuk menambah kesan  menarik terhadap produk yang akan dijual. Salah satu manfaat utama produk pembuatan jagung dengan kreasi yang bermacam akan meningkatkan sumber pendapatan masyarakat yang ada di Desa Batu Belah Barat.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support